EVALUASI PEMBELAJARAN IPA: RANCANGAN EVALUASI PEMBELAJARAN IPA SMP KELAS IX SEMESTER II


EVALUASI PEMBELAJARAN IPA
RANCANGAN EVALUASI PEMBELAJARAN IPA SMP KELAS IX SEMESTER II
Dosen pengampu: Dra. Rini Budhiarti, M.Pd

Disusun Oleh:
1.        Ayu Julianingrum             K4516010
2.        Riffanty Maemunah         K4516054
 3.        Tamara Intan Sari       K4516064
4.        Wahyu Kodrat L.             K4516068
5.        Windarti Rahayu              K45160

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN IPA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2016/2017



Rancangan Evaluasi Pembelajaran IPA
Satuan Pendidikan    : SMP
Kelas / Semester        : IX/ II
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Sub Materi Pokok
Alokasi Waktu
Jenis Evaluasi
Instrumen
Evaluasi
Penilaian
Nilai
Bobot
3.6 Menerapkan konsep kemagnetan, induks elektromagnetik, dan pemanfaatan medan magnet, termasuk dalam kehidupan sehari-hari termasuk pergerakan/navigasi hewan untuk mencari makanan dan migrasi
4.6 Membuat karya sederhana yang memanfaatkan prinsip elektromagnet dan/ atau  induksi elektromagnetik

l   Kemagnetan
Mengamati berbagai bentuk magnet dan berbagai produk yang memanfaatkan elektromagnet atau induksi elektromagnetik

l   Sifat magnet
l   Cara membuat magnet
Melakukan percobaan untuk menyelidiki sifat-sifat dan pembuatan magnet

l   Kemagnetan bumi
Mengidentifikasi kutub-kutub kemagnetan bumi, sudut deklinasi, dan sudut inklinasi

l   Induksi elektromagnetik
Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi besar gaya Lorentz dan mengumpul-kan informasi mengenai peristiwa induksi elektromagnetik dan transformator melalui percobaan

l   Transformator
l   Produk teknologi yang memanfaatkan kemagnetan
Menerapkan prinsip elektromagnet atau induksi elektromagnet dalam karya berupa produk teknologi sederhana

l   Pergerakan naviga si hewan yang memanfaatkan medan magnet
Mengumpulkan informasi mengenai pergerakan/ navigasi hewan yang memanfaatkan medan magnet bumi
8 jam pelajaran (2 x 4 jam pelajaran)
1.  Latihan soal







2.  Laporan Hasil Praktikum



3.  Kuis tanya jawab
Lembar kerja siswa
Latihan soal :
Pilihan ganda : 10 butir
Uraian : 5 butir


Instrumen penilaian laporan praktikum


Instrumen penilaian kuis
100







90




80
25%







60%




15%
3.7  Menerapkan konsep bioteknologi dan perannya dalam kehidupan manusia




4.7  Membuat salah satu produk bioteknologi konvensional yang ada di lingkungan sekitar



4.7.1 Bioteknologi dan
Produksi Pangan
4.7.2 Prinsip dasar bioteknologi
4.7.3 Bioteknologi konvensional
4.7.4 Bioteknologi modern
4.7.5 Penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia
4.7.6 Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi
5 jam pelajaran/ minggu
1.      Melakukan pengamatan tentang berbagai produk bioteknologi serta menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan bioteknologi modern dan dampak negative/positif bioteknologi (Sumatif).
2.      Resume secara individu tentang peranan bioteknologi dalam kehidupan manusia (Diagnostik).
3.      Melakukan percobaan untuk membuat produk bioteknologi konvensional seperti, membuat tape, tempe, atau yoghurt, lalu membuat hasil laporan praktikum (Diagnostik).

Latihan soal:
Pilihan ganda : 10 butir
Uraian: 5 butir











Tugas individu:
Instrumentasi penilaian resume,





Tugas kelompok:
Instrumen penilaian hasil laporan praktikum
100














90







90
30%














30%







40%
Ulangan Harian Tertulis KD 3.6, 4.6, 3.7 dan 4.7

2 jam pelajaran
Ulangan Harian Tertulis
Ulangan Harian:
Essay: 6 butir soal uraian
100
100%
3.8  Menghubungkan konsep partikel materi, (atom ion, dan molekul), struktur zat sederhana dengan  sifat bahan yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari serta dampak penggunaan bahan terhadap kesehatan manusia

4.8   Menyajikan hasil penyelidikan tentang sifat dan pemanfaatan bahan dalam kehidupan sehari-hari
  Sifat Bahan
  Atom, ion, dan molekul
  Sifat bahan
  Pemanfaatan bahan dalam kehidupan sehari- hari
  Pengaruh bahan berbahaya terhadap kesehatan
5 jam pelajaran/minggu
1.      Menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan sifat bahan atom, ion, dan molekul (Sumatif).
2.      Mendiskusikan secara kelompok dan mempresentasikan karya hasil diskusi mengenai pemanfaatan bahan serat, karet, tanah dalam kehidupan sehari-hari (Diagnostik).
Latihan soal:
10 butir esai




Tugas kelompok:
Instrumen penilaian mempresentasikan karya hasil diskusi
100





100
50%





50%


2 jam pelajaran
Ujian Tengah Semester (UTS) dengan soal materi Kompetensi Dasar3.6 ;4.6; 3.7; 4.7; 3.8; dan 4.8
Ujian Tengah Semester (UTS)
Pilihan Ganda: 30 butir
Uraian: 5 butir
100
100%
3.9   Menghubungkan sifat fisika dan kimia tanah, organisme yang hidup dalam tanah, dan pentingnya tanah untuk keberlanjutan kehidupan

4.9   Menyajikan hasil penyelidikan tentang sifat-sifat tanah dan pentingnya tanah bagi kehidupan
  Tanah dan Kehidupan
  Sifat fisika dan kimia tanah
  Peranan tanah untuk keberlanjutan kehidupan
  Peranan organisme  dalam tanah
  Proses pembentukan tanah
  Komponen penyusun tanah
5 jam pelajaran
1.      Melakukan pengamatan dan menganalisis tentang sifat  fisika dan kimia tanah, organisme yang hidup dalam tanah, serta pentingnya tanah untuk keberlanjutan kehidupan yang akan dating (Sumatif).
2.      Mengidentifikasi dan mendeskripsikan tentang hasil dari penyelidikan sifat-sifat tanah dan pentingnya tanah bagi kehidupan (Diagnostik).
Tugas individu:
Instrumen penilaian hasil pembuatan kliping










Tugas kelompok: Instrumen penilaian presentasi dari hasil diskusi.
100













100
50%













50%
3.10  Menganalisis proses dan produk teknologi ramah lingkungan untuk keberlanjutan kehidupan

4.10  Menyajikan karya tentang proses dan produk teknologi sederhana yang ramah lingkungan
  Proses dan Produk Teknologi Ramah Lingkungan
   Teknologi ramah lingkungan
   Aplikasi teknologi ramah lingkungan untuk keberlanjutan kehidupan
   Teknologi tidak ramah lingkungan
5 jam/minggu
1.      Melakukan pengamatan tentang  proses produk teknologi (Sumatif).
2.      Menyelesaikan soal-soal tentang proses produk teknologi (Sumatif).
Tugas individu:
Instrumen penilaian makalah


Latihan soal:
Pilihan ganda: 20 butir
90




100
45%




55%
Ulangan Harian Tertulis KD 3.9, 4.9, 3.10, dan 4.10

2 jam pelajaran
Ulangan Harian Tertulis
Ulangan Harian:
Pilihan Ganda : 20 butir soal.
100
100%

Keterangan :
1.      1 jam pelajaran = 40 menit.
2.      Minggu efektif pembelajaran = 12 Minggu.
3.      Setiap Ulangan Harian (UH) dilaksanakan selama 2 jam pelajaran yang diambil dari alokasi waktu pembelajaran.
4.      Tidak ada evaluasi dalam bentuk Ujian Akhir Semester karena siswa difokuskan pada Ujian Sekolah (US)  dan Ujian Nasional.



Comments

Popular posts from this blog

REVIEW TEXT dalam Bahasa Inggris : Definition, Purpose, Characteristics, Generic Structure, and Language Feature

EXPLANATION TEXT dalam Bahasa Inggris : Definition, Purpose, Characteristics, Generic Structure, Language Feature, and Example

MAKALAH SIKLUS HIDROLOGI