EVALUASI PEMBELAJARAN IPA: RANCANGAN EVALUASI PEMBELAJARAN IPA SMP KELAS IX SEMESTER II
EVALUASI PEMBELAJARAN IPA
RANCANGAN EVALUASI PEMBELAJARAN IPA SMP KELAS IX SEMESTER II
Dosen
pengampu: Dra. Rini Budhiarti, M.Pd
Disusun Oleh:
1.
Ayu Julianingrum K4516010
2.
Riffanty Maemunah K4516054
3.
Tamara Intan Sari K4516064
4.
Wahyu Kodrat L. K4516068
5.
Windarti Rahayu K45160
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN IPA
FAKULTAS KEGURUAN
DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
SEBELAS MARET
SURAKARTA
2016/2017
Rancangan
Evaluasi Pembelajaran IPA
Satuan Pendidikan : SMP
Kelas / Semester : IX/
II
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/Sub Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
Jenis Evaluasi
|
Instrumen
Evaluasi
|
Penilaian
|
|
Nilai
|
Bobot
|
|||||
3.6 Menerapkan konsep
kemagnetan, induks elektromagnetik, dan pemanfaatan medan magnet, termasuk
dalam kehidupan sehari-hari termasuk pergerakan/navigasi hewan untuk
mencari makanan dan migrasi
4.6 Membuat karya sederhana yang memanfaatkan prinsip
elektromagnet dan/ atau induksi elektromagnetik
|
l Kemagnetan
Mengamati berbagai bentuk magnet dan
berbagai produk yang memanfaatkan elektromagnet
atau induksi elektromagnetik
l Sifat magnet
l Cara membuat magnet
Melakukan percobaan untuk menyelidiki sifat-sifat dan pembuatan magnet
l Kemagnetan bumi
Mengidentifikasi kutub-kutub kemagnetan bumi, sudut
deklinasi, dan sudut inklinasi
l Induksi
elektromagnetik
Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi besar
gaya Lorentz dan mengumpul-kan informasi mengenai peristiwa induksi
elektromagnetik dan transformator melalui percobaan
l Transformator
l Produk teknologi yang memanfaatkan kemagnetan
Menerapkan prinsip elektromagnet atau induksi
elektromagnet dalam karya berupa produk teknologi sederhana
l Pergerakan naviga si hewan
yang memanfaatkan medan magnet
Mengumpulkan informasi mengenai pergerakan/ navigasi
hewan yang memanfaatkan medan magnet bumi
|
8 jam pelajaran (2 x 4 jam pelajaran)
|
1.
Latihan soal
2.
Laporan Hasil Praktikum
3.
Kuis tanya jawab
|
Lembar kerja siswa
Latihan soal :
Pilihan ganda : 10 butir
Uraian : 5 butir
Instrumen
penilaian laporan praktikum
Instrumen
penilaian kuis
|
100
90
80
|
25%
60%
15%
|
3.7 Menerapkan konsep bioteknologi dan perannya
dalam kehidupan manusia
4.7 Membuat salah satu produk bioteknologi
konvensional yang ada di lingkungan sekitar
|
4.7.1
Bioteknologi dan
Produksi
Pangan
4.7.2
Prinsip dasar bioteknologi
4.7.3
Bioteknologi konvensional
4.7.4
Bioteknologi modern
4.7.5
Penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia
4.7.6
Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi
|
5 jam
pelajaran/ minggu
|
1. Melakukan
pengamatan tentang berbagai produk bioteknologi serta menyelesaikan soal-soal
yang berkaitan dengan bioteknologi modern dan dampak negative/positif
bioteknologi (Sumatif).
2. Resume
secara individu tentang peranan bioteknologi dalam kehidupan manusia (Diagnostik).
3. Melakukan
percobaan untuk membuat produk bioteknologi konvensional seperti, membuat
tape, tempe, atau yoghurt, lalu membuat hasil laporan praktikum (Diagnostik).
|
Latihan
soal:
Pilihan
ganda : 10 butir
Uraian:
5 butir
Tugas
individu:
Instrumentasi
penilaian resume,
Tugas
kelompok:
Instrumen
penilaian hasil laporan praktikum
|
100
90
90
|
30%
30%
40%
|
Ulangan Harian Tertulis KD 3.6, 4.6, 3.7 dan 4.7
|
|
2 jam pelajaran
|
Ulangan Harian Tertulis
|
Ulangan Harian:
Essay: 6 butir soal uraian
|
100
|
100%
|
3.8 Menghubungkan konsep partikel materi,
(atom ion, dan molekul), struktur zat sederhana dengan sifat bahan yang digunakan
dalam kehidupan sehari-hari serta dampak penggunaan bahan terhadap kesehatan
manusia
4.8 Menyajikan hasil penyelidikan
tentang sifat dan pemanfaatan bahan dalam kehidupan sehari-hari
|
Sifat Bahan
Atom,
ion, dan molekul
Sifat bahan
Pemanfaatan bahan dalam kehidupan
sehari- hari
Pengaruh bahan berbahaya terhadap
kesehatan
|
5 jam
pelajaran/minggu
|
1. Menyelesaikan
soal-soal yang berkaitan dengan sifat bahan atom, ion, dan molekul (Sumatif).
2. Mendiskusikan secara kelompok dan mempresentasikan karya hasil diskusi
mengenai
pemanfaatan bahan serat, karet, tanah dalam kehidupan sehari-hari (Diagnostik).
|
Latihan
soal:
10
butir esai
Tugas
kelompok:
Instrumen
penilaian mempresentasikan karya hasil diskusi
|
100
100
|
50%
50%
|
|
|
2 jam pelajaran
|
Ujian Tengah Semester (UTS) dengan
soal materi Kompetensi Dasar3.6 ;4.6; 3.7; 4.7; 3.8; dan 4.8
|
Ujian Tengah Semester (UTS)
Pilihan Ganda: 30 butir
Uraian: 5 butir
|
100
|
100%
|
3.9 Menghubungkan sifat fisika dan kimia
tanah, organisme yang hidup dalam tanah, dan pentingnya tanah untuk
keberlanjutan kehidupan
4.9 Menyajikan hasil penyelidikan tentang
sifat-sifat tanah dan pentingnya tanah bagi kehidupan
|
Tanah dan Kehidupan
Sifat fisika dan kimia tanah
Peranan tanah untuk keberlanjutan kehidupan
Peranan organisme dalam tanah
Proses pembentukan tanah
Komponen penyusun tanah
|
5 jam
pelajaran
|
1. Melakukan
pengamatan dan menganalisis tentang sifat
fisika dan kimia tanah, organisme yang hidup dalam tanah, serta
pentingnya tanah untuk keberlanjutan kehidupan yang akan dating (Sumatif).
2. Mengidentifikasi
dan mendeskripsikan tentang hasil dari penyelidikan sifat-sifat tanah dan
pentingnya tanah bagi kehidupan (Diagnostik).
|
Tugas
individu:
Instrumen
penilaian hasil pembuatan kliping
Tugas
kelompok: Instrumen penilaian presentasi dari hasil diskusi.
|
100
100
|
50%
50%
|
3.10 Menganalisis proses dan produk teknologi
ramah lingkungan untuk keberlanjutan kehidupan
4.10 Menyajikan karya tentang proses dan produk
teknologi sederhana yang ramah lingkungan
|
Proses dan Produk Teknologi Ramah
Lingkungan
Teknologi ramah lingkungan
Aplikasi teknologi ramah lingkungan untuk keberlanjutan kehidupan
Teknologi tidak ramah lingkungan
|
5
jam/minggu
|
1. Melakukan
pengamatan tentang proses produk
teknologi (Sumatif).
2. Menyelesaikan
soal-soal tentang proses produk teknologi (Sumatif).
|
Tugas
individu:
Instrumen
penilaian makalah
Latihan
soal:
Pilihan
ganda: 20 butir
|
90
100
|
45%
55%
|
Ulangan Harian Tertulis KD 3.9, 4.9, 3.10, dan 4.10
|
|
2 jam pelajaran
|
Ulangan Harian Tertulis
|
Ulangan Harian:
Pilihan Ganda : 20 butir soal.
|
100
|
100%
|
Keterangan
:
1.
1 jam pelajaran = 40 menit.
2.
Minggu efektif pembelajaran = 12 Minggu.
3.
Setiap Ulangan Harian (UH) dilaksanakan
selama 2 jam pelajaran yang diambil dari alokasi waktu pembelajaran.
4.
Tidak ada evaluasi dalam bentuk Ujian Akhir
Semester karena siswa difokuskan pada Ujian Sekolah (US) dan Ujian Nasional.
Comments
Post a Comment
Silahkan tinggalkan komentar untuk tulisan yang lebih baik:)