Contoh Pembelajaran IPA Induktif dan Deduktif
Contoh pembelajaran IPA induktif
Percobaan Gerak Lurus Beraturan
(GLB)
1.
Pendidik meminta
peserta didik untuk melakukan sebuah percobaan pada materi Gerak Lurus
Beraturan sebelum mempelajarinya
2.
Alat dan Bahan
b)
Mistar
c)
Ticker timer
d)
Pita kertas
3.
Prosedur
Kerja

a)
Rangkailah peralatan
seperti pada
gambar
disamping!
b)
Operasikan ticker
timer !
c)
Nyalakan mesin mobil
mainan
kemudian
lepaskan hingga menarik
pita!
d)
Ukurlah jarak
antartitik yang terbentuk kemudian catat data tersebut pada tabel pengamatan
yang kamu buat!
4.
Hal yang perlu
didiskusikan
a)
Pada percobaan yang
kamu lakukan, bagaimana prinsip kerja rangkaian percobaan tersebut? Apa fungsi ticker
timer dalam percobaan tentang GLB tersebut?
b)
Buatlah grafik
hubungan antara jarak (sebagai sumbu-y) dengan waktu (sebagai sumbu-x)!
c)
Buatlah grafik
hubungan antara jarak (sebagai sumbu-y) dengan waktu (sebagai sumbu-x)!
d)
Berdasarkan grafik
yang telah kamu buat, bagaimanakah hubungan antara jarak dan waktu?. Lalu
bagaimana hubungan antara kecepatan gerak mobil dengan waktu?
Apa yang dapat
kamu simpulkan?
Berdasarkan
percobaan dan diskusi yang dilakukan, peserta didik diminta untuk menarik
sebuah kesimpulan.
Contoh pembelajaran IPA deduktif
1.
Pendidik
menjelaskan materi konsep Hukum Newton I, II dan III
2. Peserta didik
diminta untuk menganalisis peristiwa-peristiwa yang telah disajikan oleh
pendidik pada sebuah tabel. Tabel tersebut merupakan penerapan dari Hukum I, II
atau III Newton
3.
Pendidik
memberikan intruksi pada peserta didik sebelum mengerjakan
Centang apakah peristiwa tersebut merupakan penerapan
Hukum I, II atau III Newton, kemudian tuliskan alasanmu pada kolom alasan
dengan baik dan benar!
No
|
Peristiwa
|
Hukum
Newton
|
Alasan
|
||
I
|
II
|
III
|
|||
1.
|
Dua ekor kijang
yang saling beradu kekuatan terpental akibat saling mendorong satu sama lain
|
|
|
|
|
2.
|
Seekor ikan
berenang di dalam air dengan menggerakkan siripnya ke belakang
|
|
|
|
|
3.
|
Dua ekor badak
jantan yang bermassa sama melakukan adu kekuatan untuk memperebutkan daerah
kekuasaan. Keduanya saling mendorong dengan gaya yang sama, sehingga tidak
ada satupun badak yang bergeser dari posisinya
|
|
|
|
|
4.
|
Seekor elang
terbang bebas di udara dengan cara mengepakkan sayapnya ke bawah. Kecepatan
udara yang lebih cepat di bagian atas sayap mengakibatkan elang tersebut
terangkat ke atas.
|
|
|
|
|
5.
|
Seekor harimau
jantan mendorong anak kijang dengan kekuatan penuh hingga terpental jauh.
|
|
|
|
|
Comments
Post a Comment
Silahkan tinggalkan komentar untuk tulisan yang lebih baik:)